Upacara hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021

"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Pagi ini jumat (1/10/2021) seluruh siswa kelas 7 dan 8 mengikuti kegiatan upacara bendera memperingati hari kesaktian pancasila. Adapun yang menjadi petugas upacaranya yaitu dari tim paskibra dan untuk pembina yang ditunjuk mewakili kepala sekolah adalah Dra. Ismin Pudji Wiludjeng. Hal ini dikarenakan ibu kepala sekolah sedang ada  udzur. Dalam upacara tadi pagi, seluruh dewan guru dan staf karyawan mengenakan seragam korpri dan beratribut lengkap, sedangkan untuk siswa mengenakan seragam pramuka.

Dalam sambutannya, pembina upacara menyampaikan teks pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem atau yang lebih akrab dipanggil dengan sebutan mas menteri. Point penting dari isi pidato tersebut yaitu
“Peringatan hari Kesaktian Pancasila ini perlu kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang tangguh di masa yang akan datang”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober memiliki sejarah penting bagi bangsa Indonesia, dan sejarah Hari Kesaktian Pancasila ini tidak akan pernah terlepas dari Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (PKI) atau G30S/PKI. Menjelang 30 September bisa kita lihat secara bergantian tiap harinya, stasiun TV menayangkan film yang menggambarkan kejadian tersebut. Hal ini bertujuan agar generasi milenial memahami dan tidak melupakan sejarah kelam tersebut.

Selama kurang lebih 30 menit, upacara pun akhirnya selesai. Namun sebelum mereka beranjak ke ruang kelas masing-masing, urusan kurikulum, kesiswaan, dan pihak perpustakaan bergantian menyampaikan informasi penting dan menyosialisaikan ke seluruh peserta. Alhamdulillah kegiatan upacara pagi ini berjalan dengan lancar dan bapak/ibu guru sangat mengapresiasi kepada seluruh peserta karena selama dalam pelaksanaan kegiatan, mereka bisa tertib dari awal hingga akhir upacara. (afh)

Dokumentasi :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top