Sinkronisasi Menjelang ANBK Tahun 2021

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021 kurang empat hari lagi. Seluruh proktor dan teknisi di lembaga sekolah praktis mulai mempersiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan ANBK bisa berjalan lancar. Seperti yang dilakukan oleh proktor SMPN 1 Kedungpring pada hari sabtu (2/10/2021) pagi tadi. Mereka melakukan sinkronisasi server mulai pukul 08.00 wib sesuai jadwal yang ada di web anbk.kemdikbud.go.id.

Selama pelaksanaan sinkronisasi, banyak proktor yang mengeluhkan proses sinkron yang memakan waktu cukup lama. Keluhan yang sama juga disampaikan oleh proktor SMPN 1 Kedungpring. Kurang lebih memakan waktu dua jam proses sinkronisasinya. Mereka merasa aplikasinya terasa lambat dan sempat berkali-kali gagal sinkron, padahal koneksi internet juga dalam kondisi bagus. Bahkan ketika mencoba menggunakan tethering dari HP hasilnya juga sama.

Menurut helpdesk kabupaten, permasalahan yang terjadi pada hari ini sebenarnya diakibatkan oleh padatnya lalu lintas jaringan yang menuju server pusat. Dari segi kemampuan teknis, secara mayoritas proktor sebenarnya sudah bisa memahami troubleshooting yang terjadi ketika ada masalah, namun ada beberapa yang masih bingung karena diakibatkan oleh faktor panik.

Tidak cukup sampai disitu, pekerjaan proktor dilanjutkan dengan melakukan instalasi aplikasi terbaru pada semua komputer client. Karena jika tidak diperbaharui, maka akan terjadi masalah ketika akan memulai ujian. Usai melakukan pekerjaan, proktor juga masih harus melakukan melaporkan hasil sinkronisasi ke helpdesk jatim dan mencetak administrasi untuk peserta ujian. Semoga dalam pelaksanaan ANBK yang akan dilaksanakan pada hari rabu sampai dengan kamis, 6-7 Oktober 2021 mendatang akan diberikan kemudahan dan kelancaran. (afh)

Dokumentasi :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: