Roadshow Perpustakaan Bahrun Amiq

Sosialisasi Perpustakaan Digital Ke SD/MI Kec. Kedungpring dan Sekitarnya

Sebagai sekolah yang memiliki perpustakaan terbaik di tingkat kabupaten dan telah terakreditasi A+ oleh perpustakaan nasional, serta mendapat predikat perpustakaan teraktif nasional selama 3 (tiga) tahun berturut-turut, tentunya Perpustakaan Bahrun Amiq SMP Negeri 1 Kedungpring tidak lantas puas dengan predikat tersebut. Berbagai inovasi dari segi fasilitas maupun layanan terus ditingkatkan dengan tujuan untuk menarik pengunjung dan siswa gemar membaca. Saat ini berkat adanya bantuan dari pemerintah berupa perangkat Chromebook sebanyak 48 buah ini menjadi modal kami dalam meningkatkan layanan bagi para pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan. Sudah banyak sekolah yang melakukan studi banding ke perpustakaan kami, mulai jenjang SD/MI, SMP, SMA, dan SMK dan tidak sedikit yang menjalin kerjasama untuk dibantu dalam membangun sistem perpustakaan yang baik berbasis otomasi dan online. Namun meskipun begitu, kami masih melihat banyak sekolah disekitar yang belum memahami bagaimana tata cara membangun perpustakaan berbasis otomasi, sehingga dalam kesempatan kegiatan sosialisasi ini, tim perpustakaan terlebih dahulu memperkenalkan sekolah secara virtual (program, fasilitas, layanan, prestasi) dengan mengakses melalui halaman website resmi kami yaitu  https://smpn1kedungpring.sch.id dan selanjutnya memperkenalkan perpustakaan digital. selain itu juga, kami membuka pintu selebar-lebarnya bagi pihak SD/MI yang ingin belajar ataupun bekerjasama dengan perpustakaan kami. 

Dalam kegiatan sosialisasi yang digelar mulai tanggal 10 s.d 30 januari 2022, tim perpustakaan mengadakan kunjungan ke 44 sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah di kecamatan kedungpring dan sekitarnya. Agenda yang dilakukan adalah mengenalkan sekolah melalui halaman website dan channel youtube, memberikan motivasi ke siswa tentang pentingnya literasi, mengenalkan fasilitas perpustakaan melalui halaman web perpustakan, bagaimana tata cara mengakses buku digital melalui e-library perpustakaan bahrun amiq dengan menggunakan perangkat chromebook dan smartphone.

Harapan kami setelah adanya sosialisasi ini, banyak dari siswa SD/MI lebih gemar dalam membaca buku digital (e-book) dengan mudah secara mandiri melalui smartphone-nya masing-masing dengan mengakses e-library perpustakaan SMPN 1 Kedungpring, serta sistem perpustakaan SD/MI di kecamatan kedungpring bisa lebih maju dan modern yang akhirnya bisa menambah minat baca peserta didiknya.

Berita selengkapnya bisa di baca melalui halaman blog.

Dokumentasi Kegiatan

SDN KEDUNGPRING 1
SDN KANDANGREJO 1
SDN SUMENGKO
SDN KEDUNGPRING 2
SDN KALEN
MI DARUL ULUM KRADENANREJO
SD ISLAM KEDUNGPRING
SDN JATIDROJOG
SDN KRADENANREJO
SDN TLANAK 1
SDN KACANGAN 1
SDN GUNUNGREJO 1
SDN TLANAK 2
SDN KACANGAN 2
Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: