Leading School
Visi
Beriman dan Taqwa, Berbudaya Indonesia, Berprestasi, dan Berwawasan Lingkungan Berdasarkan IPTEK.

- 01
Misi
- Mewujudkan lulusan dengan kompentensi akademik yang optimal, dan mampu menerapkan budaya Indonesia, budaya berprestasi, budaya Anti Korupsi dan budaya peduli lingkungan
- Mewujudkan Kurikulum 2013, lengkap dengan perangkat KI-KD, Silabus, RPP, Pedoman Mata Pelajaran, Buku Teks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar.
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, dan berkualitas melalui pendekatan student center learning.
- Mewujudkan Prasarana dan Sarana pembelajaran yang mutakhir.
- Mewujudkan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang professional melalui pendidikan dan pelatihan metode tatapmuka, dan online .
- Menyelenggarakan pengembangandiri (Ekstrakurikuler) pramuka, seni, olah raga, dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk survive di masadepan.
- Mewujudkan lingkungan sekolah bersih dari sampah plastik, sehat, aman, nyaman, ramah anak (lingkungan)dan menyenangkan berorientasi green and clean school.
- Menyelenggarakan pengembangan karakter yang berbasis nilai-nilai agama, untuk meningkatkan keimananan dan ketaqwaan.
- Mewujudkan manajemen berbasis sekolah atau School Based Management, dengan pilar partisipatif, transparansi, fleksibilitas, Sustainibilitas dan akuntanbilitas.
- 02
Tujuan
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Dalam waktu empat tahun ke depan( 2018 – 2021 ), sekolah mampu :
1. a. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, yang tidak hanya menguasai kompetensi SNP Indonesia saja, tetapi juga menguasai kemampuan-kemampuan kunci global atau nilai-nilai progressif yang diunggulkan dalam era global ini, memiliki keimanan yang mantap dan integritas moral yang tinggi, serta jadi pioneer dalam pengembangan dan peningkatan kualitas Lingkungan Hidup
b. Meraih juara/medali baik di bidang akademik maupun non akademik di berbagai kejuaraan tingkat Kabupaten, provinsi, maupun nasional.
2. a. Memenuhi semua dokumen Kurikulum KTSP secara lengkap dan berbasis lingkungan.
b. Menghasilkan pengembangan Silabus dan RPP semua mata pelajaran untuk semua kelas / grade sesuai dengan kebutuhan siswa, masyarakat, berbagai sektor pembangunan nasional, lingkungan hidup, serta tuntutan dunia global.
3. a. Mengembangkan Proses Pembelajaran berdasarkan prinsip-prinsip yang sudah ditetapkan dalam Kurikulum KTSP.
b. Memiliki program-program yang menumbuhkan kreatifitas siswa dan guru dalam Upaya Pelestarian Fungsi Lingkungan Hidup .
c. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berbasis ICT, e-learning.
4. a. Meningkatkan kompetensi, professionalisme dan kualifikasi seluruh PTK (Pendidik, Kepala sekolah, dan Tenaga Kependidikan lainnya) untuk mengelola sekolah yang unggul dan bermutu, terutama yang terkait dengan Lingkungan Hidup.
b. Memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) mampu menjalankan tugas, fungsi, dan peran profesionalitas dan kompetensinya secara penuh dan bertanggung jawab.
5. a. Memenuhi fasilitas sekolah, sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir, berwawasan Lingkungan yang mampu mencegah terjadinya kerusakan dan pencemaran Lingkungan Hidup.
b. Mewujudkan boarding school (dormitory) untuk meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.
6. a. Memenuhi fungsi-fungsi manajemen secara professional sebagaimana telah ditetapkan dalam Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.
b. Mengimplentasikan prinsip-prinsip pokok manajemen berbasis sekolah, yaitu : kemandirian atau otonomi, keterbukaan, akuntabilitas, partisipatif, fleksibilitas, dan sustainibilitas.
c. Memenuhi perangkat dokumen Rencana Pengembangan Sekolah, baik jangka panjang, menengah maupun jangka pendek (RKS – RKAS) yang berorientasi dengan pengembangan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.
d. Mengembangkan perangkat administrasi sekolah dengan penerapan Teknologi Informasi/ICT (Dapodikdas)
e. Meraih sekolah berpredikat Adiwiyata.
7. a. Memenuhi pembiayaan pendidikan yang memadahi, wajar dan adil, efisien, sesuai dengan tuntutan pendidikan yang bermutu.
b. Memiliki usaha-usaha sekolah yang mengarah kepada keuntungan ekonomi untuk membantu penyelenggaraan sekolah.
8. a. Mengembangkan dan mengimplementasikan sistem penilaian yang berbasis ICT, baik on-line maupun off-line.
b. Melaksanakan penilaian dengan memenuhi prinsip-prinsip penilaian, yaitu : valid, reliable, jujur, mendidik, berorienrasi pada kompetensi, adil, terbuka, menyeluruh, terpadu, berkesinambungan, mencerminkan authentic assessment, dan menggunakan acuan kriteria dan acuan norma.
9. a. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, tertib, nyaman, aman, asri, indah, hijau, rindang, dan sejuk.
b. Memenuhi kebutuhan Sarpras yang terkait dengan upaya Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup.
c. Pendidikan lingkungan hidup teringtrasi ke seluruh mata pelajaran
d. Mewujudkan kultur sekolah yang religious dan berkarakter serta bebas rokok, narkoba, dan bullying.
e. Mewujudkan nilai-nilai solidaritas baik di sekolah, maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, pergaulan dunia, dan Kecintaan terhadap Lingkungan Hidup.
10. Mewujudkan kelas inklusi yang sudah memiliki tenaga pengajar khusus,kurikulum dan menejamen yang sudah tersusun dengan baik.
Tujuan Situasional ini merupakan Sasaran dalam 1 Tahun kedepan.
- 03
Sasaran 1 Tahun (2020/2021)
A. Sekolah meningkatkan prestasi siswa di bidang akademik dan daya saing lulusan.
1) Sekolah meningkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dan berkualitas, dari : 80% menjadi : 85 %.
2) Sekolah meningkatkan perolehan juara dalam olimpiade MIPA dan tehnologi tingkat kabupaten dan propinsi
3) Sekolah meningkatkan perolehan juara LKIR/OPSI tingkat kabupaten dan propinsi
4) Sekolah memberikan fasilitas untuk peserta didik dalam kelas inklusib.
B. Sekolah meningkatkan prestasi bidang non akademik
1) Sekolah meningkatkan perolehan juara dalam kejuaraan olahraga Atletik, catur,dan sepak bola tingkat provinsi dan nasional,
2) Sekolah meningkatkan perolehan juara dalam berbagai lomba seni, dan Tahfidzul Qur’an tingkat kabupaten dan provinsi.
C. Sekolah meningkatkan kegiatan Pengembangan Diri dan Life Skill lainnya, serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam peningkatan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan dan pelestarian fungsi lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar.
a. Sekolah mereview, mengembangkan, dan mendokumentasikan Buku 1 (KTSP )
b. Sekolah menyusun, mengembangkan, dan medokumentasikan Buku I Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berbasis lingkungan.
c. Sekolah menyusun, mengembangkan, dan mendokumentasikan Silabus serta RPP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang terintegrasi dengan Pedidikan Lingkungan Hidup.
a. Sekolah menyelenggarakan sosialisasi dan workshop untuk implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
b. Sekolah memenuhi Silabus, RPP, dan modul guru dan siswa.
c. Sekolah menyelenggarakan pendampingan dalam Proses Pembelajaran di Kelas.
d. Sekolah menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu dan terintegrasi dengan Pendidikan Lingkungan Hidup yang mampu menumbuhkembangkan daya kreasi, innovasi, dan eksperimen siswa dan guru untuk memprakarsai pelestarian Lingkungan Hidup, pencegahan dan penanggulangan kerusakan dan pencemaran lingkungan.
a. Sekolah mengirimkan Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Pendukung lainnya mengikuti workshop, penataran atau diklat, sesuai dengan bidang tugas, fungsi, peran, dan profesi masing-masing, terutama yang terkait dengan Lingkungan Hidup.
b. Sekolah meningkatkan kompetensi bahasa Inggris bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Pendukung lainnya.
c. Sekolah meningkatkan kompetensi ICT bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Pendukung lainnya.
a. Sekolah melengkapi dan mengembangkan sarpras pokok :
1) Pemenuhan fasilitas di Lab Biologi, Lab Fisika, Lab Komputer, Lab Bahasa, Lab Kesenian, dan UKS.
2) Pembangunan kantin Sehat dan koperasi sekolah.
3) Pengadaan meubelair (meja kursi siswa) yang standar.
b. Sekolah melengkapi dan mengembangkan sarpras tambahan :
1) Pemenuhan koleksi buku Perpustakaan
2) Pengadaan mobil untuk operasional sekolah.
3) Pengembangan administrasi sekolah yang berbasis ICT.
c. Sekolah memenuhi dan melengkapi pendukung sarpras lainnya.
a. Sekolah mengimplementasikan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah)
b. Sekolah memiliki dokumen RPS ( RKS dan RKAS ) TP. 2019/2020
c. Sekolah meningkatkan peran serta masyarakat dan kemitraan.
d. Sekolah melaksanakan supervisi, monitoring, evaluasi, tindak lanjut.
e. Sekolah membuka kelas unggulan untuk memberi layanan khusus bagi peserta didik yang memiliki prestasi akademik.
a. Sekolah meningkatkan sumber dana pendidikan.
1) mengupayakan adanya kerjasama dengan DUDI.
2) Mengembangkan income generating unit/unit produksi/unit usaha sekolah.
3) Mengupayakan Pengembangan Ekonomi Kreatif lainnya.
b. Sekolah memenuhi penggunaan dana ( semua blockgrant ) dengan benar dan akuntabel.
c. Sekolah memberikan bantuan kepada peserta didik yang tidak mampu.
a. Sekolah melaksanakan dan meningkatkan kualitas PH, PTS, PAS, PAT, US, untuk semua peserta didik, baik regular maupun kelas unggulan.
b. Sekolah mengimplementasikan authentic assessment dan berbasis ICT berikut analisis hasil penilaian dengan berbasis ICT.
c. Sekolah mengaplikasikan model-model peniaaian Kurikulum KTSP.
a. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, tertib, nyaman, aman, asri, indah, hijau, rindang, dan sejuk.
b. Memenuhi kebutuhan Sarpras yang terkait dengan upaya Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup.
c. Memasukkan PLH ke Kurikulum, sebagai mapel yang monolitik dan mengintegrasikan ke semua mapel, dan kegiatan ekstra kurikuler.
d. Mewujudkan kultur sekolah yang religious dan berkarakter serta budi pekerti luhur, bebas rokok, narkoba, dan bullying.
e. Mewujudkan nilai-nilai solidaritas baik di sekolah, maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, pergaulan dunia , dan Kecintaan terhadap Lingkungan Hidup.
- 04
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
SMP/MTs/SMPLB*/Paket B
- Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
- Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Menunjukkan sikap percaya diri
- Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas.
- Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional.
- Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif.
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif.
- Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
- Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
- Mendeskripsi gejala alam dan sosial.
- Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
- Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Menghargai karya seni dan budaya nasional.
- Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya.
- Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang.
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun.
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat.
- Menghargai adanya perbedaan pendapat.
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana.
- Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana.
- Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
- 05
Motto Prestasi
Target Juara, Prestasi Harga Mati
- 06
Slogan
BERDIKARI = Berdigital, Berkarakter, Beradiwiyata, Ramah Anak, dan Literasi.