About us

SMP Negeri 1 Kedungpring adalah salah satu pilihan utama dan merupakan solusi yang tepat bagi para Orang Tua yang berkeinginan menyekolahkan putra-putrinya demi meraih keberhasilan nyata. Sekolah kami merupakan salah satu sekolah rujukan di Kabupaten Lamongan dengan lebih dari 780 an siswa setiap tahunnya.

SMP Negeri 1 Kedungpring terletak di wilayah Kab. Lamongan bagian tengah dan bersebelahan dengan SMAN 1 Kedungpring di Jl. Mayangkara 01 Mekanderejo Kec. Kedungpring Kab. Lamongan. Setiap tahunnya, tidak kurang dari 1.000 lulusan terbaik SD Negeri/Swasta mendaftar menjadi calon siswa SMP Negeri 1 Kedungpring. Minat yang besar tersebut merupakan cerminan kuat kepercayaan masyarakat terhadap capaian pembelajaran lulusan SMP Negeri 1 Kedungpring. Tidak sedikit lulusan dari sekolah kami yang mampu menembus sekolah-sekolah favorit di Kab. Lamongan dan bahkan di luar kab. Lamongan. Secara umum, rata-rata lulusan sekolah kami ketika berada di jenjang yang lebih tinggi mampu bersaing dan mendominasi baik dari segi akademik maupun non akademik bahkan bisa menunjukkan prestasinya di level nasional.

Oleh karena itu, guru dan tenaga pendidik SMP Negeri 1 Kedungpring terus berlatih dan meningkatkan profesionalisme diri agar seluruh siswa mencapai potensi akademik dan sosial yang dibutuhkan pada abad 21. Sekolah Kami memberikan kurikulum nasional dan pembelajaran yang atraktif dan menantang siswa untuk belajar, sehingga setiap siswa berperilaku luhur dan sadar bahwa harapan dan kinerja tinggi adalah nilai yang harus dimiliki.

Melalui praktek kerja sama dengan seluruh orang tua siswa dan pengampu kepentingan sekolah lainnya, Anda dan Kami pasti dapat mempertahankan standar SMP Negeri 1 Kedungpring yang tinggi. Sekolah Kami akan selalu terbuka untuk Anda, jangan ragu untuk hubungi Kami.

Program Plus

SMP Negeri 1 Kedungpring adalah salah satu sekolah di Kabupaten Lamongan yang mendapat kepercayaan dari Pemerintah untuk menjadi contoh bagi sekolah disekitarnya dan sampai saat ini kepercayaan terhadap sekolah ini sangat tinggi.

Sekolah menerapkan program yang dicanangkan oleh pemerintah dengan menitik beratkan pada lima nilai utama, yaitu religius, nasionalis, gotong royong, mandiri, dan integritas serta mendorong siswa melakukan aktivitas yang menumbuhkan budi pekerti, serta keterampilan abad 21. Program yang dilaksanakan adalah Lima Hari Sekolah (LHS) dan Penguatan Pendidikan Karakter.

Bentuk kegiatannya adalah Salam ta’dzim (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), Sholat dhuhur berjamaah dan Sholat Dhuha bergiliran, senam sehat dan jumat bersih, 15 menit awal pelajaran diisi dengan membaca dan merangkum, tahfidzul Qur’an, pembiasaan tepuk PPK, dsb. dan salam PPK, dsb.

Sekolah menerapkan model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yaitu dengan mengedepankan peningkatan mutu dan komitmen terhadap program peningkatan perkembangan kegiatan belajar dengan ditunjang guru-guru profesional serta sarana & prasarana yang memadai.
Sekarang ini SMPN 1 Kedungpring menjadi bagian sekolah yang ditunjuk pemerintah untuk menerapkan sistem tersebut yaitu dengan memperbaiki dan menerapkan 8 standar nasional pendidikan yaitu kelulusan, kurikulum, pelayanan, pengelolaan, biaya, sarana prasarana, dan proses belajar yang efektif.

SMPN 1 Kedungpring saat ini sedang menuju sekolah adiwiyata mandiri yang merupakan program dari kementrian lingkungan hidup yang bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
Upaya yang dilakukan adalah dengan penataan taman, pengelolaan air dan sampah, pengelolaan makanan dan kantin, kurikulum berbasis lingkungan, dsb.

Prestasi yang diraih pada tahun 2020 ini adalah mendapat penganugerahan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur sebagai sekolah adiwiyata tingkat provinsi jawa timur tahun 2020.

Sekolah sangat serius dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yaitu melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Berbagai cara sudah dilakukan diantaranya peningkatan fasilitas perpustakaan, membuat gasebo baca, warung baca, mushola baca, dan pojok baca kelas.
Selain peningkatan fasilitas, juga rutin melaksanakan kegiatan wajib kunjung perpustakaan bergantian tiap kelas serta lomba literasi diantaranya menulis surat untuk guru, resensi film, mini library class room, mading kreatif, mendongeng, merangkum, yel-yel, dsb. Untuk mendukung program literasi, biasanya rutin diadakan lomba membuat cerpen, resensi film, mendongeng, membuat surat untuk guru, dsb.

Keberhasilan dalam meraih predikat sebagai perpustakaan teraktif tingkat nasional versi kemendikbud dan perpustakaan nasional menjadi tolak ukur keberhasilan literasi di SMPN 1 Kedungpring.

Kelas Inklusi merupakan tempat belajar anak berkebutuhan khusus. Tujuan diadakan kelas ini adalah memberikan layanan pendidikan yang menyertakan semua anak, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus atau ABK, dalam pembelajaran yang sama.

Sekolah memfasilitasi siswa yang memiliki kelebihan khusus dengan memberikan tambahan kegiatan dibidang akademik dan bidang TIK. Bentuk kegiatannya Bimbingan Belajar tambahan, Try Out, Bimbingan OSN dan OPSI, Outing Class, English Camp, Outbond, Pondok Romadhon Plus, Klub Mapel, Pendalaman Hadits masalah Fiqh dan Aqidah Akhlaq, Coding & Robotics.

Kelas Digital sudah menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh pelaku dalam dunia pendidikan khususnya untuk siswa. Kelas digital menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kompetensi siswa secara lebih efisien dan praktis. Dengan menggunakan kelas digital pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih bervariatif dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional menggunakan metode buku. Menariknya disini adalah adanya interaksi dan fitur-fitur khusus yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang lebih bervariatif dan interaktif.

untuk menunjang pembelajaran berbasis digital, tiap ruang kelas difasilitasi SMART TV dan Access Point/Hotspot.

Program ini khusus untuk menyiapkan siswa-siswi yang akan diikutkan lomba OSN. Pesertanya diambil dari kelas 7,8,dan 9 yang sudah melalui tahapan evaluasi dengan dibimbing secara intensif oleh guru yang berkompeten dibidangnya.
adapun jenis olimpiade yang dibimbing adalah bidang IPA, IPS, dan Matematika.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Fasilitas

Dalam proses belajar mengajar di sekolah, fasilitas atau sarana dan prasarana merupakan salah satu bagian yang paling penting, karena dapat membantu kelancaran dan kenyamanan dalam proses belajar di sekolah. Fasilitas di SMP Negeri 1 Kedungpring terbilang sudah lengkap dan memenuhi syarat sehingga Guru bisa maksimal dalam melakukan kegiatan belajar mengajar da Siswa juga merasa nyaman dalam mengikuti proses belajar.

Perpustakaan SMP Negeri 1 Kedungpring menggunakan sistem otomasi dan berbasis online. Perpustakaan ini memiliki puluhan ribu koleksi buku sekolah dan umum serta dilengkapi koleksi buku digital (up to date). Perpustakaan ini dilengkapi Ruang Multimedia/Audio Visual, Ruang Diskusi/Serbaguna, Ruang Browsing, Teras Baca, Free WiFi, Ruang ber-AC, 6 Komputer untuk akses Internet, Komputer akses OPAC dan Absensi, Ruang Layanan Anak, 3 Gasebo Baca (outdoor), Mushola baca, Warung baca.

Memiliki 3 ruang dengan jumlah 4 komputer server dan 92 komputer client. Sudah digunakan untuk UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan digunakan untuk try out sekolah maupun kabupaten. Selain itu juga dimanfaatkan untuk try out SD di wilayah kecamatan Kedungpring. Laboratorium ini sudah dilengkapi dengan fasilitas LCD Proyektor, Android TV, Multimedia, Internet, dan WiFi.

Laboratorium sudah memenuhi perlengkapan standar yang terdiri dari (1) perangkat utama : Panel pengendali, panel siswa, headset), (2) Furniture dan kelengkapan ruangan : Kursi dan meja siswa 32 buah, meja instruktur, karpet, white board, ber-AC, (3) Multimedia : LCD Proyektor, TV, VCD/DVD, Tape Repeater, Komputer Instruktur (Server), Internet, Sambungan LAN.

Laboratorium IPA terbagi menjadi 2 ruangan yang terpisah yaitu Lab Fisika & Lab Biologi. Secara umum sarana dan prasarana yang dimiliki sudah memenuhi standar dan ketentuan BSNP. Ruangan praktek cukup luas dan bisa menampung sejumlah 30 siswa. Peralatan praktek dan peraga lengkap serta dilengkapi fasilitas instalasi listrik dan air bersih. Laboratorium ini selain memiliki ruang praktikum, juga memiliki ruang persiapan, ruang penyimpanan, dan ruang staf laboran.

Ruangan ini didesain sebagai tempat praktek dan pembelajaran untuk mata pelajaran Tata Boga dan Prakarya. Ruangan ini dilengkapi dengan peralatan praktek masak-memasak yang sudah memenuhi standar untuk pembelajaran dan praktek siswa. Selain tempat praktek memasak, juga digunakan untuk praktek pelayanan berstandar perhotelan.

Mushola bernama Al Haromain memiliki desain ruangan cukup luas, berlantai dua, dan alasnya berkeramik. Ruangan ini cukup untuk digunakan sholat berjamaah seluruh siswa berjumlah 780 an. Selain digunakan untuk sholat, juga digunakan untuk kegiatan Tahfidz Al Qur’an, Pengajian, Kajian Hadits, Pertemuan Wali murid, dan kegiatan keagamaan lain.

Kesehatan sekolah amat penting artinya dalam usaha kesehatan sekolah.Agar usaha itu dapat berhasil dengan baik, maka perlu diciptakan adanya lingkungan kehidupan sekolah yang sehat, perlu diselenggarakan pendidikan kesehatan, dan perlu adanya kesehatan di sekolah.

UKS di SMPN 1 Kedungpring memiliki dua buah dipan dan tempat tidur lengkap dengan kasur, bantal dan selimut, sebuah lemari untuk menyimpan obat-obatan. Tempat tidur dapat digunakan apabila sewaktu-waktu ada anak yang sakit dan perlu tidur.Anak yang sakit bisa tidur hingga tubuhnya sehat.

Untuk petugasnya sendiri adalah berasal dari tenaga kesehatan yang kompeten dibidangnya dan setiap hari berada disana.

Sejak tahun 2009 SMPN 1 Kedungpring sudah terkoneksi jaringan internet dan 0

Studio shooting dilengkapi dengan fasilitas shooting yang lumayan lengkap standar yang akan digunakan untuk kebutuhan shooting kegiatan sekolah, pembuatan video pembelajaran, publikasi, dan ekstrakurikuler penyiaran.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Program Plus

Kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Kedungpring bertujuan untuk mewadahi siswa dalam berkreasi atau menyalurkan bakat dan minatnya. Kegiatan ini dilaksanakan diluar jam sekolah. Prestasi membanggakan sudah banyak diraih mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional dan itupun tidak lepas berkat bimbingan pembina-pembina yang berkompeten dibidangnya.

Hadrah

  1. Atletik
  2. Futsal
  3. Sepak Bola
  4. Bola Basket
  5. Bola Voli

Pencak Silat

  1. Karawitan
  2. Band Musik
  1. Seni Melukis
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: