Perpustakaan Bahrun Amiq Menggelar Roadshow ke SD/MI se-Kec. Kedungpring dan Sekitarnya.

"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Sebagai sekolah yang memiliki perpustakaan terbaik di tingkat kabupaten dan telah terakreditasi A+ oleh perpustakaan nasional, serta mendapat predikat perpustakaan teraktif nasional selama 3 (tiga) tahun berturut-turut, tentunya bagi Perpustakaan Bahrun Amiq SMP Negeri 1 Kedungpring tidak lantas puas dengan predikat tersebut. Berbagai inovasi baik dari segi fasilitas maupun layanan terus ditingkatkan dengan tujuan agar menarik pemustaka untuk mengunjungi perpustakaan, selain itu juga harapannya agar minat siswa dalam membaca semakin meningkat.

Sistem otomasi dan sistem online yang kami terapkan saat ini bisa menjadi modal yang bagus dalam meningkatkan layanan bagi para pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan bahrun amiq, apalagi ditambah dengan fasilitas perangkat choremebook sebanyak 48 buah yang berasal dari bantuan pemerintah ini nantinya selain bisa dimanfaatkan pemustaka untuk kegiatan berselancar internet, juga bisa dimanfaatkan bapak/ibu guru untuk kegiatan belajar mengajar ataupun pelatihan.

Sudah banyak lembaga sekolah yang melakukan studi banding ke perpustakaan kami, mulai jenjang SD/MI, SMP, SMA, dan SMK dan tidak sedikit pula yang mengajak bekerjasama untuk dibantu dalam membangun sistem perpustakaan yang baik berbasis otomasi. Dari hasil survei lapangan, kami masih melihat banyak sekolah disekitar khususnya jenjang SD/MI di wilayah kecamatan kedungpring ini ternyata masih banyak yang belum memahami tata cara membangun sistem perpustakaan berbasis otomasi. Melihat hal tersebut, Bunda Yuni selaku kepala SMPN 1 Kedungpring merasa terpanggil dan segera meminta rekomendasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan dengan harapan agar kegiatan sosialisasi ini bisa diwujudkan. Alhamdulillah, pihak Dinas Pendidikan merespon niat baik pihak sekolah dan mendukung penuh kegiatan tersebut. Berbekal surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan, akhirnya ibu Kepala Sekolah memerintahkan Khotim, S.Pd selaku kepala perpustakaan dan para Wakasek untuk membuat penjadwalan ke sekolah-sekolah.

Dalam kegiatan sosialisasi yang digelar mulai tanggal 10 s.d 30 januari 2022, tim perpustakaan mengadakan kunjungan ke 44 sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah di kecamatan kedungpring dan sekitarnya. Agenda yang dilakukan adalah mengenalkan sekolah (program, fasilitas, layanan, prestasi) melalui halaman website https://smpn1kedungpring.sch.id dan channel youtube, pemberian motivasi ke siswa tentang pentingnya literasi digital, mengenalkan fasilitas perpustakaan melalui halaman web perpustakan, dan prosedur dalam mengakses buku digital melalui e-library perpustakaan bahrun amiq baik itu menggunakan perangkat laptop, tablet, chromebook maupun smartphone. Melalui kesempatan itu pula, pihak sekolah juga membuka pintu lebar-lebar bagi pihak SD/MI yang ingin berkunjung, belajar, ataupun bekerjasamasa dengan perpustakaan bahrun amiq SMP Negeri 1 Kedungpring.

Pada kegiatan sosialisasi yang kami lakukan selama seminggu ini, alhamdulillah pihak lembaga SD/MI menyambut baik kedatangan tim perpustakaan dan beberapa lembaga sudah berniat untuk menjalin kerjasama. Pada saat memberikan sosialisasi ke peserta didik yang rata-rata dari kelas V dan VI ini, tim perpustakaan merasa puas dikarenakan antusias peserta didik sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut. Tidak sedikit dari peserta didik yang merasa penasaran dan ingin berkunjung secara langsung ke perpustakaan bahrun amiq dan ingin menikmati layanan disana seperti yang sudah disampaikan tim perpustakaan.

Harapan kami setelah adanya sosialisasi ini, banyak dari siswa SD/MI lebih gemar dalam membaca dan bisa mengakses buku digital (e-book) dengan mudah dari rumah melalui e-library perpustakaan SMPN 1 Kedungpring, bisa mengunjungi lembaga SMPN 1 Kedungpring secara virtual melalui halaman website sekolah, serta semakin banyak lagi lembaga SD/MI yang mau menjalin kerjasama agar sistem perpustakaan SD/MI di kecamatan kedungpring bisa lebih maju dan modern, sehingga nantinya bisa berdampak positif dalam menambah minat baca peserta didiknya. (afh)

Dokumentasi Kegiatan :
Link kegiatan harian kegiatan sosialisasi perpustakaan digital

Foto Kegiatan :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top