Pelantikan dan Sertijab Pengurus OSIS Masa Bakti 2020/2021

IMG20201120072431.jpg

SnekingOneNews – Jumat (20/11/12) pagi tadi, SMPN 1 Kedungpring menggelar kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) dari pengurus OSIS lama masa bakti 2019/2020 ke pengurus OSIS baru masa bakti 2020/2021. Selain agenda pelantikan dan Sertijab, juga ada kegiatan memperingati hari guru nasional, Jumat bersih, Jumat berkah, dan penyerahan hadiah lomba peringatan dies natalis yang diadakan pada 10 Nopember lalu.

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, maka seluruh siswa dari kelas 7,8, dan 9 diharuskan masuk semua, selain itu juga bertujuan memberikan dukungan secara moril kepada pengurus OSIS yang baru di lantik. Meskipun begitu semuanya tetap diwajibkan mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya adalah wajib mengenakan masker. Seragam yang digunakan peserta selain anggota OSIS dan tim paskibraka adalah pramuka dengan atribut lengkap. Sedangkan untuk pengurus OSIS lama mengenakan jas dan setelan putih hitam berdasi untuk pengurus OSIS baru. Bapak/Ibu guru yang hadir saat itu juga mengenakan seragam yang berbeda, mereka semuanya mengenakan baju seragam PGRI untuk memperingati hari guru nasional yang sebenarnya jatuh pada tanggal 25 Nopember 2020.

Kegiatan pada pagi tadi dimulai tepat pukul 07.00 wib dengan dipimpin langsung oleh kepala sekolah didampingi Wakasek dan urusan kesiswaan. Adapun untuk petugas upacara diambilkan dari tim paskibraka dengan mengenakan seragam kebesarannya. Formasi barisan peserta upacaranya sendiri dibuat memanjang sampai ke lapangan utara guna mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum prosesi sertijab berlangsung, didahului dengan prosesi pertukaran bendera dari pengurus OSIS lama ke OSIS baru. Benderanya sendiri terdiri dari tiga macam yaitu bendera merah putih, bendera OSIS, dan bendera sekolah yang masing-masing dibawa oleh ketua, sekretaris, dan bendahara harian. Usai prosesi penyerahan bendera, barisan depan yang awalnya kosong kini ditempati oleh anggota OSIS baru. Setelah itu seluruh peserta diistirahatkan dan kepala sekolah memberikan sambutan. Dalam sambutannya beliau memberikan pesan-pesan penting kepada pengurus OSIS baru agar bisa mengemban amanah dengan sebaik-baiknya. Sesuai dengan tema yang diusung yaitu Berprestasi dan menginspirasi, bunda berharap agar pengurus OSIS yang baru nantinya bisa menunjukkan prestasi dalam berkinerja dan mampu menginspirasi minimal bagi teman-teman yang lainnya. Usai menyampaikan pidato singkatnya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan serah terima jabatan. Acara semakin meriah tatkala riuh tepuk tangan dari seluruh peserta memenuhi lapangan.

Adapun jumlah siswa yang dilantik sebanyak 50 siswa yang berasal dari kelas 7 dan 8. Berikut ini adalah nama-nama dari pengurus harian OSIS masa bakti 2020/2021 :
1. Ketua : Firda Aura Pusparini (8b).
2. Wakil ketua : Cahya Amalia Priandhini (8a).
3. Sekretaris : M Ikhsan Al Hiziri (8a).
4. Wakil Sekretaris : Jenny First Terry W (7f).
5. Bendahara : Bella Angellisa Puspita (8a).
6. Wakil Bendahara : Elsa Ayu Syafitri (7d).

Prosesi pelantikan dan Sertijab yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam ini berjalan dengan lancar, meski ada satu dua siswa yang terpaksa mengundurkan diri karena faktor kecapekan dan kesehatan sehingga dibawa ke UKS untuk mendapatkan perawatan oleh tim medis sekolah, namun itu tidak mengurangi kekhidmatan selama prosesi.

Usai upacara pelantikan, Kepala sekolah diikuti oleh Bapak/Ibu guru serta pengurus harian yang purna tugas turun ke lapangan untuk memberikan selamat kepada pengurus baru yang masih berdiri pada posisinya. Tidak berselang lama, semuanya naik ke perpustakaan untuk mendapatkan pembinaan dan pembekalan dari kepala sekolah dengan didampingi urusan kesiswaan. Sedangkan untuk peserta upacara yang tidak tergabung dalam anggota pengurus OSIS baru selanjutnya beranjak menuju ke kelas masing-masing untuk melakukan kegiatan bersih-bersih kelas dengan didampingi wali kelasnya. (afh)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Recent Post

Kategori

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top