Memperingati Isra’ Mi’raj 1444 H, Ust. Arif Mengajak Seluruh Warga Sekolah untuk Memperbaiki Kualitas Sholatnya

"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1444H Tahun Pelajaran 2022/2023 baru bisa diselenggarakan pada hari rabu (22/02/2023) dengan mengundang ustadz Arif yang juga merupakan pengurus Masjid Jami’ Kecamatan Kedungpring. Kegiatan yang bertemakan Napak Tilas Isra’ Mi’raj “Meningkatkan Keimanan dengan Mengingat Tanda-tanda Kebesaran Allah SWT” juga dimeriahkan dengan kegiatan Sholawatan yang dipandu Ust. Wahid Hasyim diiringi Tim Hadrah SMPN 1 Kedungpring. Acara yang dikemas sangat sederhana ini ditempatkan dihalaman lapangan upacara dengan beralaskan tikar, sedangkan bapak/ibu guru dan tim hadrah menempati panggung. Mengingat ini merupakan kegiatan peringatan hari besar islam (PHBI), sehingga baik guru, staf karyawan, maupun siswa, seluruhnya mengenakan busana muslim.

Kegiatan yang dikemas secara sederhana ini dimulai sejak pukul 06.30 wib dan memakan waktu kurang lebih satu jam setengah. Suasana pagi itu benar-benar terasa cukup “adem”, terlebih ketika seluruh siswa turut serta mengumandangkan sholawat secara bersama-sama yang dipandu oleh ust. wahid, Nayla, dkk. Usai menyanyikan tiga sampai dengan empat lagu, kemudian dilanjutkan dengan tausyiah dari ustadz Arif.

Pada saat memberikan tausiyah, beliau yang juga hafidz qur’an ini memberikan banyak pesan bermanfaat tidak hanya bagi siswa, melainkan juga untuk seluruh warga sekolah terutama bagaimana cara melaksanakan sholat yang baik dan benar. Beliau menuturkan, jika ada orang merasa hidupnya ada yang kurang, diberi apapun dia masih merasa kurang, berarti indikasinya sholatnya masih keliru, karena kalau setiap orang itu sudah bisa melaksanakan sholat dengan baik dan benar, maka semua kebaikan itu akan dilimpahkan oleh Allah SWT, dan akan dijauhkan dari hal-hal yang tidak disukainya, maka bisa dikatakan “qod aflahal mukminun”. ukuran orang mukmin yang sukses itu selalu diberikan kebaikan oleh Allah SWT, pertama khusyu’ dalam sholat. Khusyu’ itu bukan konsentrasi, tetapi kita merasa jauh dan hina dihadapan Allah SWT. Harapan setelah isro’ mi’roj ini, seluruh yang hadir bisa memperbaiki kualitas dari sholat. Contohnya tidak melaksanakan sholat dengan tergesa-gesa. Beliau juga mengingatkan dan memberikan sedikit motivasi kepada seluruh siswa untuk membenahi sholatnya, karena jika sholatnya benar-benar bisa khusyu’, apapun yang diinginkan insya Allah akan diijabahi oleh Allah SWT. Rasulullah pernah menyampaikan “Akan datang suatu zaman, yang mana orang itu sholat tapi hakikatnya tidak sholat. Kelihatannya sholat tetapi sejatinya tidak sholat, seperti halnya pada sholat masih memikirkan duniawinya. “Terakhir cara membenahi sholat, ketika kita tidak bisa menghadirkan Allah SWT dalam sholat, tidak bisa merasakan seolah-olah dilihat Allah SWT, maka cara sederhananya yaitu minimal ketika sholat belajar memahami makna bacaannya, selain itu juga bisa melaksanakan syarat dan rukun sholat. Ketika paham makna setiap bacaan sholat, maka harapan bisa khusyu’ itu lebih besar”. tambahnya.

Usai memberikan tausiyah, kegiatan dilanjutkan dengan membaca sholawat bersama-sama dan mahalul qiyam, menyanyikan lagu indonesia raya diiringi tabuhan tim hadrah. Terakhir sebagai penutup yaitu Do’a yang dipimpin oleh Bapak Edi Suprapto, S.Pd., M.Pd.

Alhamdulillah, kegiatan isra’ mi’raj nabi muhammad SAW 144H tahun pelajaran 2022/2023 di SMPN 1 Kedungpring ini meskipun pelaksanaannya secara sederhana namun bisa berlangsung dengan khidmat. Secara terpisah, Bunda Yuni yang merupakan Kepala SMPN 1 Kedungpring turut menyampaikan kesuksesan kegiatan ini menunjukkan bahwasanya seluruh warga sekolah sudah menjalankan visi sekolah dengan baik khususnya dalam hal beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Semoga kedepannya bisa terus istiqomah dalam kebaikan. (afh)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top