Lomba Lukis Batik Virtual dan Progres 100% Pemasangan SMART TV

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Pagi tadi sejumlah 9 siswa berpartisipasi mengikuti kegiatan lomba melukis batik yang diselenggarakan dinas perindustrian dan perdagangan Lamongan. Mereka mewakili SMP Negeri 1 Kedungpring dibawah asuhan pak Kasto, S.Pd. Mengingat lomba lukisnya diselenggarakan secara virtual dengan menggunakan Zoom, sehingga laboratorium komputer dimanfaatkan sebagai tempat melukis.

Sesuai jadwal, kegiatan dimulai jam 8.30 dan setengah jam sebelumnya harus registrasi terlebih dahulu melalui link yang sudah disediakan. Namun pada saat akan melakukan registrasi, terjadi kendala pada login masuknya. Entah penyebabnya apa tim teknis sekolah juga tidak bisa memberikan solusi. Kendala itu tidak hanya terjadi di kami dan sebagian besar dari sekolah lain juga mengalami hal serupa. Kemungkinan besar ada kesalahan setting aplikasi dari admin dinas. Pada saat itu siswa sempat panik mengingat jam 8.30 link sudah di tutup dan menandakan lomba siap dimulai. Khawatir akan kondisi psikis siswa, tim teknis berusaha menghubungi panitia dari dinas dan akhirnya diberikan solusi dengan cukup mendokumentasikan dengan foto yang diberi jam dan lokasi. Jawaban tersebut cukup menenangkan siswa dan mereka mulai antusias melanjutkan pekerjaan.

Sekitar jam 12.00, siswa sudah menyelesaikan pekerjaannya. Selanjutnya pembina menyuruh satu persatu siswa untuk berdiri dengan memegang lukisannya masing-masing untuk diambil gambarnya. Menurut pak Kasto selaku pembinanya menyampaikan cukup puas dengan hasil pekerjaan anak didiknya. “Lukisan batiknya sangat bagus untuk diterapkan pada baju dan ada nilai jualnya”, menurutnya. Usai mengabadikan gambar, siswa membersihkan bekas-bekas tumpahan cat air dan bukti fisik hasil lukisan siswa dibawa ke Lamongan.

Dalam kesempatan tersebut, Bunda selaku kepala sekolah SMP Negeri 1 Kedungpring tidak bisa menghadiri langsung karena mendampingi kegiatan Diklat OSIS di Trawas, Mojokerto yang diadakan oleh Dinas Pendidikan. Meskipun begitu beliau tetap memantau kegiatan anak-anak secara virtual. Melihat hasil lukisan anak-anak, beliau sangat suka dan mengapresiasi siswa yang terlibat dalam lomba tersebut.

Dalam moment yang bersamaan, ada kegiatan simulasi CAT tahap 2 yang diselenggarakan tanggal 4 dan 5. Pesertanya adalah perwakilan dari guru yang sudah didaftarkan oleh sekolah masing-masing. Dimulai dari jam 8.30 peserta diharuskan login ke web ubkd untuk mengecek/melengkapi/mengkoreksi datanya masing-masing dan selanjutnya mengikuti live streaming untuk mendapatkan pengarahan dan penjelasan skenario pelaksanaan simulasi.

Hal yang tidak kalah menariknya adalah progres pemasangan SMART TV di kelas-kelas yang sudah hampir tuntas dan masih menyisakan satu kelas karena posisinya berada diluar dan belum ada teralisnya. Sehingga demi keamanan, perangkat tersebut belum berani dipasangkan. Selain pemasangan SMART TV, tiap-tiap kelas juga difasilitasi dengan kunci dan gembok baru untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

Melihat kondisi TV sudah terpasang, beberapa guru sudah mulai mencoba untuk digunakan sebagai media mengajar. Alhamdulillah menjelang dies natalis SMPN 1 Kedungpring yang ke 37 ini, hal tersebut bisa menjadi kado yang cukup istimewa bagi civitas akademika. Berita gembira tersebut selanjutnya disampaikan ke grup pusat siswa dengan harapan agar bisa menambah semangat belajar siswa, bisa semakin berprestasi, dan bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan bijak. (afh)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: