Kekompakan Antara Koordinator Projek, Fasilitator, dan Peserta Didik Diuji dalam Pelaksanaan Projek Hari Keempat.

"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sudah memasuki hari keempat. Setelah sehari sebelumnya seluruh kelompok melakukan aktivitas perencanaan kebutuhan pembuatan produk olahan kedelai mulai dari alat, bahan, langkah-langkah pembuatan, rencana anggaran, hingga penghitungan biaya produksi, ditambah menentukan produk dan desain stiker kemasan dengan Canva, kemudian pagi ini Kamis (16/02/2023) dilanjutkan dengan kegiatan praktik nyata dikelas masing-masing dengan didampingi oleh para fasilitatornya.

Seperti pada hari-hari sebelumnya, seluruh peserta didik mengawali kegiatan P5 dengan sholat dhuha berjamaah dipimpin Ust. Isumito, S.Pd.I dan didampingi koordinator projek, serta para fasilitator kelas masing-masing. Selanjutnya usai kegiatan sholat dhuha, siswa kembali ke ruang kelas, sementara para koord. projek dan fasilitator rapat terbatas untuk persiapan kegiatan hari ini hingga pukul 09.00 WIB. Usai rapat, seluruh fasilitator bergegas menuju ke ruang kelas masing-masing untuk mengecek persiapan siswa dan memberikan arahan terkait langkah-langkah yang direncanakan sebelumnya. Partisipasi siswa dalam mengikuti praktik nyata ini terbilang cukup bagus. Pembagian peran dalam tiap-tiap kelompok juga dilaksanakan dengan baik dan bertanggungjawab. Ada yang kebagian membawa peralatan masak, bahan-bahan masakan, pembuat laporan, pendokumentasian, dan lain-lain.

Beberapa produk olahan yang dibuat masing-masing kelas antara lain Susu Kedelai (7a), Nugget Tempe (7b), Kedelai Kriwul (7c), Puding Kedelai (7d), Keripik Tempe Sagu (7e), Ting-ting Kedelai (7f), Brownies Kedelai (7g), Stik Tempe (7h), Balado Kedelai (7i), dan Nugget Tahu (7j). Meskipun produk yang dibuat dalam satu kelas sama, namun variasi rasanya dibuat berbeda untuk tiap-tiap kelompok, sehingga nantinya diharapkan muncul banyak variasi produk aneka olahan dari kedelai yang mana bisa menambah pengetahuan dan pengalaman dari siswa itu sendiri.

Kegiatan praktik yang dimulai sejak pukul 09.00 s.d 11.20 WIB ini selanjutnya dipamerkan di ruang kelas 7j dan masing-masing koord. projek dan fasilitator bergantian mencicipi produk yang ada. Setelah melakukan evaluasi, hasilnya tidak begitu mengecewakan. Mungkin ada sedikit rasa yang kurang pas, nantinya bisa diperbaiki kembali termasuk pengemasannya, sehingga pada saat pameran produk yang akan diselenggarakan pada minggu depan, harapannya hasilnya sesuai yang diharapkan.

Usai sholat dzuhur, aktivitas siswa berlanjut dengan mempresentasikan hasil pekerjaannya dikelas masing-masing dan berdiskusi bersama. Sungguh luar biasa kegiatan hari ini, kekompakan yang ditunjukkan Koord. projek, fasilitator dan siswa sangat bagus. Antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan hari ini juga cukup tinggi dan harapannya bisa berdampak positif utamanya dalam menambah ketrampilan siswa, keakraban dan kekompakan di kelas, serta praktik baik dalam berdemokrasi seperti yang sudah dilakukan pada projek-projek sebelumnya. (afh)

Dokumentasi Kegiatan :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top