Hari Pertama Perjalanan Tim Trainer Junior SMPN 1 Kedungpring dalam Mensosialisasikan Karya Digital di SD/MI Kec. Kedungpring

"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Setelah sukses mengadakan kegiatan sosialisasi perpustakaan digital ke SD/MI di wilayah Kec. Kedungpring dan sekitarnya pada tahun 2022, pada tahun ini SMPN 1 Kedungpring kembali mengadakan kegiatan serupa namun kali ini mengusung tema yang berbeda yaitu Sosialisasi Karya Digital yang mana misi dalam kegiatan tersebut yaitu mengenalkan beragam fasilitas khususnya dibidang IPTEK kepada siswa SD maupun MI di wilayah Kedungpring dan sekitarnya. Dalam kegiatan tersebut, Kepala sekolah memberikan tugas khusus kepada guru Informatika untuk mendampingi Tim Trainer Junior yang terdiri dari 12 siswa dari tiga jenjang kelas yang berbeda. Adapun nama-nama tim Trainer yang ditunjuk antara lain Zalfa Keisya Naura Islami (9A), Sulthan Zahran Zidane Yulianto (9A), Hilal Tera Suhartono (9A), Achmad Fathir Nihru (8A), Bulan Putri Tunggal Setyadi (8B), Ahzahra Bismillah Armytha (7A), Muslichatin Tasaliya Fihayati (7A), Naura Dinda Azka Kurniawan (7A), Gitta Dista Aprillya (7C), Juan Kyan Minerva (7C), Rifaldo Rizki Maulana (7C), dan Raihan Rafa Ariyanto (7E). Mereka dilibatkan untuk melakukan aksi nyata dilapangan dengan memberikan pelatihan singkat berupa pengenalan Mikrokontroler Arduino dan cara pengimplementasiannya. Dalam menjalankan tugas, mereka didampingi oleh beberapa guru yang diberi tugas khusus oleh Kepala Sekolah untuk mendampingi sekaligus memastikan kegiatan praktik baik tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Kegiatan sosialisasi ini dimulai pada hari selasa (24/01/2023) dan rencananya hingga pekan pertama bulan pebruari mendatang dengan berbekal surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kab. Lamongan. Adapun sekolah sasaran yang dituju pada hari pertama ini yaitu MIN 1 Lamongan, SDN Sidomlangean, dan SDN Blawirejo. Rute ini diambil mengingat satu arah dan berdekatan, sehingga perjalanan lebih efektif dan efisien. Dari keduabelas siswa yang tergabung dalam Tim Trainer, dipecah menjadi dua tim. Untuk sekolah yang jumlah siswanya banyak, kedua tim ini menjalankan aksinya bersama-sama seperti yang dilakukan di MIN 1 Lamongan, selanjutnya kedua tim ini berpencar menuju sekolah yang berbeda.

Bentuk kegiatan yang dilakukan para Trainer ini yaitu melatih siswa SD/MI merakit komponen elektronika dengan memanfaatkan Arduino sebagai pengendalinya. Dalam melakukan aksinya, masing-masing Trainer ini membawa chrome book, peralatan praktik, dan modul praktik. Tim trainer membagi siswa SD/MI dalam satu kelas menjadi beberapa kelompok kecil dan masing-masing trainer mendampingi minimal 4-5 siswa. Sebelum memulai praktik, peserta pelatihan memberikan materi sebentar dan selanjutnya melakukan praktik mulai perakitan komponen arduino hingga memprogramnya agar bisa menghasilkan output yang diinginkan. Pada praktik pertama, peserta diajak membuat blinking Led atau Led berkedip dan berikutnya membuat lampu lalu lintas sederhana. Dari sekian banyak siswa yang mengikuti kegiatan ini, terlihat sangat antusias dan tertantang untuk mengikuti aktivitas berikutnya, namun mengingat waktu yang terbatas, akhirnya hanya satu dua praktik saja yang bisa dicoba.

Dalam kesempatan ini, mereka sebetulnya diajak masuk ke dunia Coding atau pemrograman komputer dengan harapan agar mereka mendapatkan pengalaman yang bermakna minimal bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang programmer dan sekaligus bisa mengendalikan perangkat elektronik melalui Arduino. Alhamdulillah, kegiatan pendampingan perdana yang dilakukan oleh tim trainer ini terbilang lancar dan tanpa kendala. Hal ini berkat adanya dukungan dari Kepala SD/MI dalam memfasilitasi kegiatan tersebut. Sebagai bentuk ucapan rasa terima kasihnya, Kepala SMPN 1 Kedungpring Sri Wahjuni, S.Pd., M.Pd menyampaikan secara langsung kepada lembaga SD maupun MI yang menginginkan siswanya mempelajari lebih lanjut tentang Arduino, bisa belajar langsung di SMPN 1 Kedungpring dan selanjutnya akan dijadwalkan. (afh)

Dokumentasi Kegiatan :

1 komentar untuk “Hari Pertama Perjalanan Tim Trainer Junior SMPN 1 Kedungpring dalam Mensosialisasikan Karya Digital di SD/MI Kec. Kedungpring”

  1. Asalamualaikum W.B. perkenalkan nama saya azril asha ghifahri saya dari kelas 7B saya salah satu murid di SMP N 1 kedungpring.
    Snekingone mengadakan sosialisasi digital ke sd/mi di sekitar kecamatan kedungpring SMP N 1 Kedungpring kembali mengadakan kegiatan serupa namun kali ini mengungsung temayang berbeda yaitu sosialisasi karya digital namun sayang ada beberapa sd/mi yang belum di samperin
    Wasalamualaikum W.B.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top