Hari Pertama P5, Bunda Meminta Seluruh Siswa Tetap Semangat dan Berpedoman pada Demokrasi Saberjawab

"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ketiga untuk kelas VII dengan tema Kearifan Lokal dan mengambil judul Eksplorasi Kedelai resmi dimulai hari senin (13/02/2023). Kegiatan diawali dengan pembiasaan sholat dhuha yang dipimpin ust. Isumito, S.Pd.I dan didampingi oleh Koordinator Projek dan fasilitator kelas masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan pengarahan secara umum dari Bunda Sri Wahjuni, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMPN 1 Kedungpring. Dalam pengarahannya, beliau meminta kepada seluruh siswa untuk tetap semangat dalam mengikuti kegiatan mulai dari awal hingga akhir termasuk juga tepat waktu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Kemudian beliau juga memberikan penjelasan tahapan yang akan dilakukan oleh peserta didik mulai dari tahap eksplorasi, pengemasan, pameran, penjualan, dan pendokumentasian. Terakhir beliau meminta agar selama pelaksanaan P5 ini seluruh siswa tetap berpedoman pada demokrasi saber jawab (santun, berkualitas, dan bertanggung jawab) seperti yang sudah pernah dilakukan pada projek pertama dengan tema demokrasi.

Usai sambutan kepala sekolah, Nurul Aeni, S.Pd bersama Khotim, S.Pd selaku koordinator projek menambahkan informasi tentang teknis kegiatan termasuk hal-hal yang perlu disiapkan oleh siswa selama pelaksanaan. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengenalkan dua mahasiswa peserta PLPG dari Universitas Negeri Malang yang kebetulan saat itu sedang PPL di SMPN 1 Kedungpring. Sebelum kegiatan pertama berakhir, ketiga siswa (Dista, Mitha, dan Dahsyata) yang sebelumnya diajak berkunjung ke balai penyuluhan pertanian pada hari kamis lalu, diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasilnya secara bergantian kepada teman-temannya selama kurang lebih 15 menit.

Sekitar pukul 09.45, seluruh siswa kembali ke kelas untuk membuat resume hasil pengarahan, sementara koordinator projek dan para fasilitator kelas masing-masing berkumpul untuk tinggal di musholla terlebih dulu untuk membahas kegiatan berikutnya. Adapun aktivitas yang dilakukan siswa pada hari pertama ini antara lain pembentukan kelompok, membuat yel-yel, tanya jawab secara lisan, eksplorasi kedelai dari berbagai sumber, mengerjakan tugas resume sebagai bentuk laporan individu, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah disediakan sebagai bentuk laporan kelompok, berdiskusi, presentasi hasil pekerjaannya. Selama pekasanaan P5 ini, jam belajar siswa kelas VII tidak berbeda dengan kelas VIII dan IX, jam pulangnya juga sama usai sholat ashar berjama’ah. (afh)

Dokumentasi Kegiatan :

video kunjungan ke dinas pertanian dan kehutanan balai penyuluhan pertanian ds. blawirejo kec. kedungpring

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top