It's time to do your best

Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Kedungpring menjadi salah satu pilar pendukung nama civitas ini layak diperhitungkan terutama di level Kabupaten Lamongan bahkan baru-baru ini juga mendapatkan penghargaan di level Nasional.

Ekstrakurikuler Pencak Silat

Khoirul 1

Achmad Khoirul Anam, S.Pd

Pembina Ekskul Pencak Silat

Pengurus IPSI

Ekstrakurikuler ini  bertujuan sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang olah raga bela diri, serta melatih mentalitas serta kedisiplinan diri.

Kegiatan latihan ini rutin dilaksanakan dua kali dalam seminggu setelah jam belajar usai.

Berkali-kali Ekstrakurikuler Pencak Silat ini pulang membawa trophi penghargaan dan membawa harum nama sekolah bahkan saat ini sudah mulai diperhitungkan untuk level kabupaten.

Dokumentasi Kegiatan Pencak Silat

Ekstrakurikuler Menembak

Hafid, S.Pd.I (Bhs. Arab)

Hafid, S.P.I

Pembina Ekskul Menembak

Pengurus Cabang Perbakin Lamongan (Certified)

Ekstrakurikuler ini  bertujuan sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang olah raga menembak, serta melatih mentalitas serta kedisiplinan diri.

Selain itu tujuan yang lebih penting adalah melatih siswa untuk bisa belajar konsentrasi dan fokus yang nanti bisa berdampak pada kegiatan belajar siswa.

Kegiatan latihan ini rutin dilaksanakan dua sampai tiga kali dalam seminggu setelah jam belajar usai.

Meskipun terbilang baru, Ekstrakurikuler Menembak ini sudah berkali-kali membawa trophi penghargaan dan membawa harum nama sekolah & kecamatan kedungpring,  bahkan saat ini sudah mulai diperhitungkan untuk level provinsi.

Dokumentasi Kegiatan Shooting Target

Ekstrakurikuler Catur

nurhari (1)

Achmad Nurhari, S.Pd

Pembina Ekskul Catur

Pengurus Cabang Percasi Lamongan

Ekstrakurikuler ini  bertujuan sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang olah raga catur, serta untuk mengembangkan kemampuan berfikir.

Selain itu tujuan yang lebih penting adalah melatih siswa agar terbiasa dalam memecahkan masalah secara logis, memperkuat ingatan, melatih kesabaran, dan belajar fokus.

Kegiatan latihan ini rutin dilaksanakan tiga sampai empat kali dalam seminggu setelah jam belajar usai.

Ekstrakurikuler satu ini sudah berkali-kali membawa trophi penghargaan dan membawa harum nama sekolah & kecamatan kedungpring,  bahkan saat ini sudah mulai diperhitungkan untuk level provinsi.

Dokumentasi Kegiatan Catur

Ekstrakurikuler Hadrah Al Banjary

isumito (10)

Isumito, S.Pd.I

Pembina Ekskul Hadrah

Ekstrakurikuler ini  bertujuan sebagai wadah penyaluran bakat, hobi dan keterampilan dalam bidang seni musik dan tarik suara khususnya yang bernafaskan islami. Selain itu ekskul ini juga bertujuan untuk melestarikan seni budaya musik tradisional islam serta melakukan syiar islam terhadap peserta didik melalui seni musik seperti yang pernah dilakukan para ulama pendahulu diantaranya wali songo.

Kami percaya dengan seni musik hadrah ini bisa memberikan perubahan positif terhadap siswa khususnya berkaitan dengan perilaku dan akhlak. Karena syair-syair islami dan sholawat nabi yang dilantunkan dapat merubah pemikiran dan tingkah laku mereka menjadi lebih baik.

Kegiatan latihan ini rutin dilaksanakan minimal satu kali dalam seminggu setelah jam belajar usai. peralatan musik yang dimiliki terbilang sudah lengkap ditambah dengan alat musik modern dan vokalisnya sendiri adalah suara-suara pilihan yang lolos audisi.

Ekstrakurikuler satu ini selalu aktif tampil ketika ada event yang diselenggarakan sekolah seperti maulid nabi, isro’ mi’raj, penyambutan tamu, perpisahan sekolah, dsb dan anggotanya juga kebanyakan terlibat aktif di daerahnya masing-masing.

Dokumentasi Kegiatan Hadrah

Manfaat kegiatan

menyalurkan energi & kreativitas

Salah satu sisi positif dari ekstrakurikuler yang tidak bisa diabaikan adalah kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi anak untuk menyalurkan energi dan kreativitas dengan cara yang positif. Melalui kegiatan ekstrakurikuler anak jadi bisa menyalurkan minat. Mereka jadi terdorong untuk mengembangkan bakatnya.

Mengajarkan kerja sama tim

Dalam kegiatan ekstrakurikuler umumnya anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan dalam beberapa hal harus mencoba bekerja sama dengan mereka. Bahkan ekskul yang tampaknya kurang dalam aspek sosialisasi seperti menjadi anggota perpustakaan pun tetap butuh interaksi dan sosialisasi dengan orang lain. Hal seperti ini akan mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini. Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi.

Mereka akan belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan cara positif, dan pada akhirnya pengalaman bersosialisasi ini akan menjadikan mereka pribadi yang lebih terbuka dan tegar.

Menjadikan anak aktif

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang dan kesempatan kepada anak untuk menjadi pribadi yang aktif dan produktif. Karena mereka menghabiskan waktu dan energi untuk kegiatan yang positif, serta kemungkinan mereka untuk bersentuhan dengan hal-hal negatif di luar sekolah juga jadi berkurang.

Mengurangi risiko stres

Dalam kegiatan ekstrakurikuler umumnya anak akan bertemu dengan teman-teman baru dan dalam beberapa hal harus mencoba bekerja sama dengan mereka. Bahkan ekskul yang tampaknya kurang dalam aspek sosialisasi seperti menjadi anggota perpustakaan pun tetap butuh interaksi dan sosialisasi dengan orang lain. Hal seperti ini akan mengajarkan anak untuk komunikasi dan koordinasi sejak dini. Dan pastinya ikut meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam bersosialisasi.

Mereka akan belajar untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan cara positif, dan pada akhirnya pengalaman bersosialisasi ini akan menjadikan mereka pribadi yang lebih terbuka dan tegar.

Belajar manajemen waktu

Dengan mengikuti aktivitas ekstrakurikuler anak jadi memiliki banyak kegiatan. Dan dengan memiliki aktivitas yang padat seperti ini mau tak mau mereka harus belajar untuk mengatur dan memprioritaskan waktu. Hal seperti ini akan berguna untuk mereka di masa depan.

apa yang beliau sampaikan ?

Banyak siswa yang kurang memahami betapa pentingnya mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler padahal jika dilihat dari segi manfaatnya, sungguh luar biasa terutama untuk masa depannya.

Sujud, S.Pd

Tahukah kalian manfaat yang didapatkan dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler? Mungkin sekarang kalian cuek & merasa tidak penting. tapi lihat saja suatu saat & bandingkan dengan teman kalian yang ikut.

M. Syaifudin Latif, S.Pd

rencanakan pilihanmu

Pilihlah program ekstrakurikuler yang sudah kalian rencanakan, selanjutnya klik salah satu program dibawah ini dan isi biodatanya.

-- Kelas VII --

Rp. 0,-

/month

Atletik

Menembak

Catur

OPSI / KIR

Karawitan

Scroll to Top