Bengkel Mekatronika
Ekstrakurikuler di SMPN 1 Kedungpring yang materinya adalah pengenalan tentang sistem otomasi dan robotika.
Table of Contents
Pendahuluan

Dimasa Pandemi Covid-19 ini kegiatan pembelajaran hampir semua sekolah di Indonesia ini belum bisa dibilang normal. Semua lembaga pendidikan belum ada yang berani memberlakukan tatap muka penuh dan bahkan bagi daerah yang termasuk dalam zona merah wajib memberlakukan pembelajaran daring. Tidak terkecuali di SMPN 1 Kedungpring yang juga terkena dampak dari wabah Covid ini.
SMP Negeri 1 Kedungpring baru-baru ini dinobatkan oleh Bupati Lamongan Dr. H. Yuhronur Efendi, M.BA sebagai pelopor sekolah digital di kabupaten Lamongan. Tentunya hal ini merupakan prestasi yang membanggakan dimana sekolah ini terbilang jauh dari perkotaan. Disisi lain, hal ini adalah menjadi tantangan kedepan bagaimana agar prestasi ini bisa terus kami pertahankan.
Tujuan
Tujuan dibukanya bengkel mekatronik adalah sebegai berikut :
- merubah laboratorium komputer menjadi laboratorium yang memiliki banyak fungsi selain digunakan untuk KBM praktik dan ujian, namun juga bisa dibuat sebagai laboratorium elektronika.
- Mengenalkan siswa tentang teknologi sistem otomasi dan robotika.
- Mempersiapkan siswa untuk mengikuti karya ilmiah remaja dibidang IPTEK terapan.
- Mengajarkan siswa bagaimana berpikir komputasi : kritis, sistematis.
- Memancing siswa agar bisa menjadi inovator-inovator handal dan tidak ketergantungan dengan produk.
jadi. - Sebagai ekstrakurikuler pilihan bidang IPTEK.

Target

Target :
- Kelas 7 :
a. memahami rangkaian elektronika sederhana.
b. memahami algoritma dan pemrograman.
c. mampu memprogram alat dengan rangkaian sederhana. - Kelas 8 :
a. mampu membuat alat tepat guna sederhana.
b. mengenal ilmu robotika.
c. mampu merakit dan memprogram robot halang rintang dan line follower. - Kelas 9 :
a. bisa membuat alat tepat guna.
b. syarat kelulusan - Sekolah :
a. pameran pendidikan.
b. juara lomba inovasi di bidang IPTEK terapan.
c. mengikuti lomba robot.
Materi
Adapun materi pembelajarannya adalah :
- Flowchart
- Algoritma dan pemrograman
- Elektronika dasar
- Arduino
- Pengenalan sensor
- Pemrograman sketch
- membuat animasi led sederhana.
- membuat project alat tepat guna.
- Pengenalan Robotika.
- Driver motor.
- Pemrograman robotika.
- membuat project akhir.
