MoU Dengan Karang Taruna Majenang Mengawali Kegiatan Memperingati HPSN 2021

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Peringatan hari peduli sampah nasional (HSPN) yang diperingati setiap tanggal 21 pebruari ini tidak luput dari perhatian tim Adiwiyata SMP Negeri 1 Kedungpring. Mengingat sekolah ini dalam proses menuju Adiwiyata tingkat nasional, sehingga momentum HPSN inipun dimanfaatkan dengan baik oleh tim untuk menggelar berbagai macam kegiatan yang bertajuk lingkungan seperti yang dilakukan selama dua hari kemarin mulai tanggal 24 hingga 25 maret 2021 di dusun mejono, desa majenang, kec. Kedungpring. Kegiatan ini melibatkan beberapa guru pendamping dan 36 siswa yang merupakan gabungan dari kader adiwiyata lama dan calon kader adiwiyata baru.

Hari pertama pelaksanaan kegiatan diawali dengan pemberian bantuan benih ikan yang diserahkan langsung oleh bunda yuni selaku kepala SMPN 1 Kedungpring kepada  perwakilan dari pihak karang taruna dengan harapan agar kedepan bisa memberikan manfaat dan bisa membantu mengangkat ekonomi warga di daerah situ. Upaya ini merupakan bentuk kerjasama yang bisa saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dalam hal konservasi dan pelestarian lingkungan serta bidang ekonomi kreatif.

Pada kesempatan itu bunda menyampaikan terima kasihnya kepada pihak karang taruna desa Majenang yang menyambut positif ajakan untuk kerjasama dalam hal pelestarian lingkungan hidup. Selain itu bunda juga menyampaikan kepada guru dan para calon kader Adiwiyata yang hadir agar bisa memberikan contoh yang baik dan bisa dijadikan panutan oleh teman-teman disekolah maupun dilingkungan tempat tinggalnya dalam bentuk kerja nyata melestarikan lingkungan dan bisa mengelola sampah dengan baik agar bisa bernilai ekonomis.

Usai penyerahan, selanjutnya benih tersebut di tebar di sungai dan kegiatan pun dilanjutkan dengan penyisiran sampah di sungai jolosutero, dsn. mejono, desa majenang yang dilakukan oleh guru dan siswa. Adapun kegiatan lain pada hari pertama yaitu melakukan konservasi air (mengukur ph air sungai), pembuatan vlog (video blog) peringatan HPSN 2021, vlog produk unggulan tahap satu dan vlog pengelolaan sampah.

Pada hari kedua peringatan HPSN 2021 di SMPN 1 Kedungpring, kegiatannya dilakukan sedikit berbeda diantaranya adalah konservasi air dan penanaman pohon dan veriter di sepanjang sungai jolosutero, pembuatan video produk unggulan tahap kedua, pembuatan sangkar burung hantu, dan terakhir adalah diklat yang dilanjutkan dengan pengukuhan kader Adiwiyata 2021.

Ditempat yang berbeda ibu kepala sekolah menjelaskan kepada dewan guru tentang maksud dan tujuan pembuatan vlog tersebut yang tidak lain adalah untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh dinas lingkungan hidup (DLH) kabupaten Lamongan dalam memperingati Hari Peduli Sampah dan Lingkungan (HPSN 2021). Dalam pembuatan vlog tersebut, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana masing-masing kelompok didampingi oleh dua guru yang juga bertugas sebagai pembina lomba.

Upaya pihak sekolah dalam mempersiapkan Adiwiyata Nasional ini sudah dimulai semenjak mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata provinsi pada bulan desember yang lalu. Kepala sekolah bersama tim Adiwiyata bergerak cepat membuat rencana program ke depan yang diawali dengan penyiapan dari sisi administrasi, pembenahan sanitasi dan drainase, penghijauan lingkungan sekolah, perbaikan taman, karya inovasi, serta melakukan kerjasama dengan pihak ketiga yang salah satunya sudah dilaksanakan selama dua hari ini.
(afh)

Link video lomba : Klik disini

Dokumentasi :

1 komentar untuk “MoU Dengan Karang Taruna Majenang Mengawali Kegiatan Memperingati HPSN 2021”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: