Menggiatkan Kembali Kegiatan MGMPS dimasa Pandemi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Dalam sepekan terakhir tepatnya pada minggu ketiga pelaksanaan PJJ di SMPN 1 Kedungpring ini aktifitas guru tidak jauh berbeda dengan kondisi KBM normal. Meskipun siswa belajar secara daring namun guru tetap berada disekolah untuk menyampaikan materinya ke siswa. Dalam memberikan materi daring, guru-guru membuat kesepakatan dalam satu rumpun mapel atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah (MGMPS) dengan tujuan agar materi yang disampaikan bisa seragam dan terarah. Minimal setiap harinya ada dua rumpun mapel yang hadir ditambah tim digital yang sudah dijadwalkan mendampingi guru dan kepala sekolah beserta staf TU. Selain guru yang mengajar pada hari itu, banyak guru dari mapel lain yang juga ikut hadir.

Aktifitas mereka beragam mulai dari membahas mempersiapkan materi untuk keesokan harinya bersama satu rumpun mapel, menyiapkan administrasi pembelajaran, syuting video pembelajaran, bersih-bersih ruangan kelas, berolahraga, dan menyiapkan berkas untuk PKKS. Meskipun begitu, semuanya tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak tampak seorangpun dari yang hadir melepas maskernya.

Dalam kondisi KBM yang masih diberlakukan secara daring seperti yang dianjurkan mendikbud ini membuat kepala sekolah berpikir keras bagaimana agar setiap harinya ada aktifitas yang dilakukan untuk anggotanya mengingat dalam KBM daring ini terbilang banyak waktu longgarnya. Sehingga untuk menyikapi hal tersebut,  kepala sekolah bersama urusan kurikulum memanfaatkan momen tersebut untuk dibuat kegiatan MGMPS yang dilaksanakan secara terjadwal selama satu minggu. Tujuan diadakannya kegiatan ini tidak lain adalah berembug bersama menyamakan visi masing-masing mapel dan untuk mempererat kekeluargaan dalam satu rumpun mapel. Selain guru mapel, staf TU dan Perpustakaan juga tidak luput dari perhatiannya. Keduanya juga dijadwalkan untuk melakukan kegiatan serupa untuk membahas program-program kedepan.

Agar lebih menarik, kegiatan pertemuan MGMPS ini dilakukan sedikit berbeda dengan biasanya. Masing-masing rumpun mapel diperintahkan untuk menggunakan seragam yang berbeda sesuai kesepakatan satu rumpun karena kegiatan ini akan didokumentasikan oleh tim digital. Selain pendokumentasiannya berupa foto, juga berupa video syuting. Hitung-hitung sambil memanfaatkan peralatan syuting yang baru dibeli. Selain itu agar lebih menarik, pemilihan tempat syuting diskusi bebas sesuai keinginan masing-masing rumpun.

Penjadwalan syuting pertemuan MGMPS setiap harinya dijadwalkan hanya untuk tiga rumpun mapel sehingga praktis bisa dituntaskan selama lima hari kerja karena ada duabelas mapel ditambah dua dari staf TU dan perpustakaan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tidak mengganggu pelayan daring ke siswa, karena dua mapel yang mengadakan pertemuan adalah bukan dari mapel yang memberikan materi daring pada hari itu.

Selama kegiatan pertemuan MGMPS ini, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh guru selama kegiatan tersebut salah satunya adalah bisa belajar cara proses syuting. Awal-awal proses syuting memang banyak sekali proses cut dan membuat jadwal tambah molor, sehingga praktis membuat beberapa guru terlihat jenuh. Bagaimana tidak selain mereka dituntut profesional saat berdiskusi, juga mereka dituntut piawai didepan kamera. Namun itu hanya terjadi di awal-awal saja, selanjutnya mereka sudah terbiasa dengan berbekal belajar dari kesalahan sebelumnya.

Sebelum proses syuting, pihak kepala sekolah menginginkan agar satu hari sebelum hari – H, mereka berkumpul dalam satu rumpun untuk merencanakan kegiatan yang akan dibahas pada saat pertemuan esoknya mengingat kegiatan tersebut akan didokumentasikan dengan syuting. Beliau juga menghendaki pada saat syuting dilakukan, gaya diskusi mereka dituntut lebih profesional dan ada hasil yang diharapkan dari masing-masing kelompok MGMPS karena setelah kegiatan tersebut mereka juga harus membuat laporan hasil diskusi.

Menurut bunda yuni selaku kepala SMPN 1 Kedungpring, kegiatan pertemuan MGMPS  ini sangat perlu dilakukan secara rutin dengan harapan agar guru-guru bisa mengatasi berbagai permasalahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan juga berbagi ilmu dan pengetahuan antar sesama guru.

Selama lima hari kegiatan yang dimulai pada hari selasa, 19 Januari 2021 hingga dengan senin, 25 januari ini alhamdulillah bisa berjalan lancar sesuai rencana dan memberikan suasana baru dalam kegiatan MGMPS di SMPN 1 Kedungpring. (afh)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Sekolah

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: