Semarak Kegiatan Dies Natalis SMP N 1 Kedungpring ke-37

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Peringatan HUT SMPN 1 Kedungpring yang ke 37 ini terasa begitu spesial bagi seluruh warga sekolah. Berbagai kegiatan dan perlombaan virtual turut menyemarakkan hari jadi sekolah yang dibarengkan dengan peringatan bulan bahasa, maulid nabi, dan hari pahlawan ini. Animo dari warga sekolah cukup tinggi dalam menyambut hari jadi sekolah ini. Hal itu terlihat dari antusiasme siswa saat mempersiapkan lomba-lomba yang diadakan secara virtual dan saat pelaksanaan gowes atau sepeda santai pada Jumat lalu dengan peserta yang cukup banyak.

Beberapa perlombaan yang diadakan adalah lomba membuat komik strip dengan tema Covid 19, pidato bung Tomo, hafalan surat juz 30 bebentuk video, dan video ucapan selamat hari jadi SMPN 1 Kedungpring. Adapun pelaksanaan lombanya dilakukan secara daring dan pengumpulan karya melalui link/tautan yang tersedia. Juri-jurinya sendiri diambilkan dari guru yang berkompeten dibidangnya dan dilakukan secara fair. Mengingat lombanya dilakukan secara daring, sehingga pelaksanaannya dimulai seminggu sebelum hari jadi sekolah yang jatuh pada tanggal 7 Nopember 2020. Pemenang dari lomba-lomba tersebut nantinya akan disampaikan saat upacara hari pahlawan 10 Nopember.

Setelah kegiatan gowes, esoknya tepat hari Sabtu (7/11/2020), seluruh warga sekolah membanjiri beranda akun media sosialnya seperti Facebook, Instagram, dan status WA nya masing-masing dengan memberikan ucapan selamat dan harapannya kepada sekolah ke depan. Yang membuat menarik adalah template yang digunakan untuk kartu ucapan ini didesain sedemikian rupa sehingga bisa membuat bangga akan almamaternya.

Dua hari menjelang pengumuman lomba, para juri sibuk memperhatikan hasil karya peserta. Mereka sempat dibuat bingung mengingat karya peserta tergolong bagus-bagus. Contohnya adalah komik strip yang diadakan perpustakaan. Karya-karyanya cukup menarik perhatian juri terutama dalam menggabungkan seni dan aplikasi di HP. Begitu juga dengan lomba video ucapan, hasil karyanya cukup menyulitkan juri dalam menilainya. Dari segi kreatifitas, rata-rata bisa diacungi jempol dan bahkan ada beberapa peserta yang pengambilan gambarnya terlihat profesional meskipun hanya menggunakan smartphone. Editing videonya juga sudah semakin bagus khususnya dalam memainkan efek-efek. Cukup lama bagi juri untuk menentukan nominasi juaranya dan sempat beberapa kali terjadi perdebatan antar juri dalam menentukan lima besar. Selain dua lomba tersebut, tahfidz juga sempat menjadi perhatian juri. Penampilannya cukup bagus-bagus dan sayangnya dari 26 peserta, kebanyakan dari anak perempuan. Penilaiannya berdasarkan kesopanan, makhroj, surat yang dibaca, dan lagu. Pemenangnya diambil hanya tiga dan tiap jenjang diambil satu pemenang. Lomba pidato bung Tomo, juga sangat menarik perhatian. Penampilan yang ditunjukkan dalam bentuk rekaman video ini sempat membuat bingung para juri dalam menentukan yang terbaik.

Pada hari selasa (10/11/2020) pagi tadi merupakan puncak dari rangkaian kegiatan dies natalis dan momen yang ditunggu-tunggu seluruh warga sekolah. Beragam kegiatan sudah dipersiapkan dengan matang oleh urusan kesiswaan. Urutan kegiatannya dimulai dengan acara Sholawatan oleh tim Hadrah SMPN 1 Kedungpring, acara yang dimulai sekitar jam 05.45 ini berlangsung kurang lebih 1 jam dan bertempat di panggung lapangan upacara. Sekitar jam 06.15, acara dilanjutkan dengan acara pengajian memperingati maulid nabi dengan mengundang KH Agus Hasyim Fahmi pengasuh ponpes Al Ma’ruf sebagai pembicaranya. Pada saat pengajian berlangsung, siswa tidak hanya mendengarkan saja namun mendapatkan tugas untuk meresume atau merangkum apa yang disampaikan pak kyai dan selanjutnya ditulis dibuku literasi.

Selang beberapa menit setelah pengajian usai, semua siswa berdiri dan berbaris rapi berurutan mulai dari kelas 9a sampai dengan 7h untuk mengikuti upacara memperingati hari pahlawan. Adapun petugas upacaranya adalah pengurus OSIS dan kepala sekolah sebagai pembina upacara. Dalam pidatonya bunda menyampaikan pidato dari bung Tomo dan dilanjutkan dengan pembacaan sejarah berdirinya SMPN 1 Kedungpring hingga kini. Yang menarik dari kegiatan hari ini adalah seragam yang dipakai Guru dan karyawan. Semuanya kompak mengenakan baju khas Lamongan yang dikenal dengan nama “Singo Mengkok”. Sedangkan untuk seragam siswa yaitu putra mengenakan baju batik bebas dipadu dengan Songkok dan sarung yang dipakai model adat Melayu. Untuk yang putri mengenakan kebaya bebas.

Usai upacara, bunda turun dari panggung dan melakukan prosesi penandaan hari jadi sekolah dengan melepaskan puluhan balon yang bertuliskan dies natalis ke-37. Pelepasan balon ini diiringi tepuk tangan dari peserta upacara, sehingga acara pun semakin terlihat meriah.
Rangkaian demi rangkaian sudah dilewati dan tibalah saat yang di nanti-nanti yaitu pengumuman juara yang dilanjutkan dengan penampilan para juara. Adapun untuk hasil dari penilaian juri adalah ;A. Pidato bung Tomo- Juara 1 : Revalita (9a)- Juara 2 : Siliviana Nurina Putri (9f)- Juara 3 : Diah Puspita Ayu K (7g)B. Lomba komik strip adalah- Juara 1: 9a- Juara 2 : 8i- Juara 3 : 9g- Harapan 1 : 9h-   Harapan 2 : 9bC. Lomba Tahfidz- Juara 1 : M .Cahyo Wicaksono (8a)- Juara 2 : Zalfa Keisya Naura Islami (7h)- Zaskia Nur Aini (9d)D. Lomba video ucapan- Juara 1 : 9G nilai 405,- Juara 2 : 9F nilai 386,- Juara 3 : 7A nilai 354,- Harapan 1 : 9D nilai 322,
– Harapan 2 : 8I nilai 317.

Setelah pengumuman pemenang lomba, acara dilanjutkan dengan penampilan dari para pemenang pidato dan Tahfidz. Penampilan yang luar biasa dari peserta membuat decak kagum guru dan siswa.

Selain kegiatan memperingati dies natalis SMPN 1 Kedungpring ke-37, ada juga dua kegiatan yang berbeda dan dilaksakan secara bersamaan yaitu khotmil Qur’an secara virtual yang diselenggarakan oleh pemkab Lamongan dan kegiatan uji coba instrumen akademik dan survei non akademik yang diselenggarakan oleh Pusmenjar selama dua hari mulai tanggal 10 hingga 11 Nopember 2020 dengan peserta sejumlah 60 siswa dari kelas 8 dan 9 serta 6 guru dari mapel Bind, MTK, dan IPA mulai jam 08.00 hingga jam 12.00.

Khotmil Qur’an yang dilaksanakan secara virtual di lembaga masing-masing ini diikuti oleh beberapa guru dan siswa yang bertempat di Musholla Al Haromain mulai jam 04.00.

Alhamdulillah, kegiatan hari ini bisa berjalan lancar sesuai rencana dan selama kegiatan berlangsung semua dalam kondisi sehat. (afh)

Dokumentasi :

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: