Menggiatkan Kembali Budaya Literasi di Masa Pandemi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Berbagai persiapan terus dilakukan demi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di SMPN 1 Kedungpring. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggiatkan kembali program literasi sekolah dan kegiatan tahfidz.

Seperti yang sudah dilakukan Kepala Sekolah beberapa hari yang lalu dalam rapat setelah KBM dengan mengundang guru PAI dan pembimbing tahfidz, wakasek 1, urusan kesiswaan, dan urusan kurikulum. Beliau mengharapkan ada sebuah inovasi baru di masa pandemi ini dengan membuat kurikulum tahfidz tersendiri disertai dengan target yang jelas serta peningkatan kualitas pembimbingan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Perpustakaan yang menjadi sentra baca siswa dan guru juga tidak luput dari perhatian beliau. Pagi tadi Senin (26/10/2020) sekitar pukul 09.00 usai menerima tamu walimurid diruangannya, beliau langsung menuju ruang baca perpustakaan dan mengadakan rapat dadakan dengan tim perpustakaan dan dihadiri pula oleh urusan kurikulum guna membahas tentang upaya menggiatkan kembali kegiatan literasi sekolah atau budaya baca siswa yang sempat mengalami penurunan semenjak pandemi. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengaktifkan kembali program “kunjung perpus” yang mana pada saat KBM normal cukup efektif mendongkrak kegiatan literasi atau budaya baca siswa.

Berbeda pelaksanaannya dengan saat KBM normal yang mana program kunjung perpus ini dimasukkan ke dalam jam KBM dan ada guru khusus yang mendampingi yaitu guru KP, sedangkan dimasa pandemi ini tidak dimasukkan ke struktur kurikulum karena ada pengurangan jam sehingga untuk pelaksanaannya sedikit repot. Mengingat pentingnya budaya baca bagi siswa, sehingga mau tidak mau program tersebut tetap dilaksanakan namun dengan konsep yang berbeda. Salah satunya adalah penjadwalan kunjungan tiap kelas bergiliran dengan didampingi oleh Bapak/Ibu guru sebagai pendamping dan bahkan Staf Karyawan termasuk petugas kebersihan juga dijadwalkan kunjung perpus. Tujuannya tidak lain adalah membangkitkan minat seluruh warga sekolah agar senang membaca. pelaksanaannya akan dimulai minggu depan dan bergiliran sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Dalam rapat terbatas tadi, beliau juga mengharapkan agar prestasi yang sudah diraih sebelumnya terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan membuat inovasi-inovasi baru agar bisa terus menjadi perpustakaan rujukan bagi sekolah-sekolah lain seperti sebelumnya. Selain itu agar lebih greget, beliau menginginkan diadakan event perlombaan-perlombaan yang memanfaatkan teknologi digital semacam smartphone atau lainnya dan ada penghargaan bagi yang juara, beliau juga menambahkan agar ada penambahan banyak referensi buku dengan judul yang berbeda-beda, peningkatan kualitas pelayanan baik secara offline maupun online, serta kebersihan ruangan terjaga.

Diakhir rapat bunda yuni berpesan kepada seluruh tim perpustakaan untuk selalu inovatif, kreatif, produktif, dan menjadikan integritas sebagai prioritas agar lebih diminati lagi oleh pengunjung dan bisa membawa nama sekolah lebih naik. Usai rapat beliau membagikan seragam ke tim perpustakaan sebagai bentuk penghargaan atas kerja kerasnya selama ini. Sebelum beranjak pergi, beliau menyempatkan diri menemui siswa yang saat itu sedang santai membaca dan mengobrol sebentar sekedar untuk memberi motivasi dan berharap bisa menjadi contoh bagi teman-temannya yang lain. (afh)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: