Berharap Turun Hujan, Warga Sekolah Gelar Shalat Istisqa’

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
"Membaca tanpa memikirkannya ibarat makan tanpa mengunyah". (Edmund Burke)

SnekingOneNews – Jumat pagi kemarin seluruh warga sekolah melaksanakan kegiatan ibadah yang hampir belum pernah dilakukan baik guru maupun siswa di SMPN 1 Kedungpring yaitu melaksanakan sholat istisqa.

Seperti yang diketahui bahwasanya sholat ini bertujuan untuk memohon hujan yang diakibatkan adanya kemarau panjang dan cuacanya pun bisa dibilang lebih panas dari tahun-tahun sebelumnya dan bahkan bisa mencapai 40 derajat celcius.

Melihat fenomena ini akhirnya pihak Dinas pendidikan kabupaten lamongan melalui surat resminya menghimbau kepada seluruh korwil bidang pendidikan kecamatan dan SMP Negeri/Swasta se Kabupaten Lamongan untuk melaksanakan sholat istisqo yang dilaksanakan pada jumat 1 nopember 2019 mulai jam 08.00-14.00 wib di lembaga masing-masing.

Kegiatan ini menurut kepala dinas pendidikan kabupaten lamongan Drs. Adi Suwito, M.Pd selain bertujuan untuk memohon hujan akibat kemarau berkepanjangan, juga sebagai penguatan pendidikan karakter di sekolah.


Dalam sholat istisqa kemarin Kepala Sekolah Sri Wahjuni, S.Pd., M.Pd menunjuk bapak Edi Suprapto sebagai Imam Sholat dan Isumito, S.Pd.I sebagai Khatibnya. Sebelum melaksanakan shalat, semua jamaah diajak untuk memperbanyak bacaan istighfar.

Shalat yang dilaksanakan dihalaman lapangan upacara kemarin semuanya terlihat khusyu dan memperhatikan betul apa yang disampaikan khatib meskipun cuacanya panas dan setelah khutbah diakhiri seluruh peserta belum diperbolehkan untuk meninggalkan lokasi terlebih dahulu dan harus bersalam-salaman dimulai dari shaf pertama berputar sampai shaf akhir sambil terus melantunkan bacaan shalawat nabi.Alhamdulillah selama pelaksanaan ibadah kemarin berjalan dengan lancar dan penuh khidmat. (afh)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Leave a Replay

About Me

SMP Negeri 1 Kedungpring merupakan sekolah yang bisa beradaptasi dengan cepat mengikuti perkembangan jaman. Banyak prestasi yang sudah ditorehkan mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional.

Recent Posts

Profil Bahrun Amiq

Launching Sekolah Digital

Sign up for our Newsletter

masukkan alamat email untuk mendapatkan informasi terbaru dari kami.

Scroll to Top
%d blogger menyukai ini: